0 Comment
A+ A-
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhOIpXGb9z4OLSss4AXwZnewech1NIhi1Iztaoa7DckwG1y-8dTtH3tJ35Ex5CccvzbYGUb2ZsxDtnzOnC6tg5oVLlcZ_ZbU_PZQA6wCC38Yw3uzHUV0tdVpcOO6vtdVA0c3kgVB6IgABA/s1600/5-tips-cara-menentukan-pendidikan-untuk-anak-PAUD-dan-TK.jpg
5 Tips Cara Menentukan Pendidikan PAUD dan TK Untuk Anak Baru.

Az-zahro – Beberapa saat lagi, penerimaan siswa-siswi baru dari sekolah-sekolah negeri maupun swasta untuk anak-anak kita akan segera dibuka.

Tahun ajaran kemarin akan segera berakhir, dan tahun ajaran baru sebentar lagi akan segera dimulai.

Membuat pilihan, akan sekolah dimanakah buah hati kita nantinya bisa dikatakan adalah memang sebuah pilihan yang cukup sulit.

Karena disanalah dimulainya perkembangan mereka, teman-teman pertama dan baru mereka.

Jangankan untuk para orang tua yang anaknya ingin melanjutkan ke pendidikan tinggi atau kuliah.

Memilih sekolah yang baik, bagus dan tepat untuk anak-anak yang akan memasuki usia pendidikan Taman Kanak-kanak saja sulit sekali bagi para orang tua untuk menentukan sekolah mana yang tepat bagi anak-anak mereka.

Karena itu, apa yang menjadi pertimbangan para orang tua untuk memilih sekolah baik itu, untuk sekolah Taman kanak-kanak, melanjutkan ke Sekolah Dasar, Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama, Sekolah Lanjutan Tingkat Atas.

Ataupun untuk anak-anaknya yang melanjutkan kependidikan tinggi di universitas atau perguruan tinggi, sangat penting untuk diketahui para orang tua.

Pada dasarnya setiap orang tua selalu berharap yang terbaik untuk anak-anak mereka. Lingkungan yang baik, teman dan pergaulan yang baik serta lembaga pendidikan yang baik pula.

Menentukan Sekolah untuk Anak PAUD dan TK

1. Tentukan lingkungan yang Anda inginkan untuk anak Anda.

Untuk prasekolah (PAUD) dan Taman Kanak-kanak (TK), memiliki berbagai pendekatan yang berbeda dalam menentukan pilihan bagi orang tua. Anda mungkin menginginkan sesuatu yang lebih berpusat pada permainan versus sesuatu yang bersifat mendidik.

Anda mungkin juga memiliki pendapat tentang apakah Anda ingin anak Anda dalam lingkungan yang sibuk dengan banyak aktivitas dan teman sekelas atau lebih banyak kegiatan berorientasi lingkungan individual yang berfokus pada pengembangan keterampilan tertentu.

2. Tentukan Struktur Pendidikan yang Anda Inginkan.

Program berbasis bermain adalah kegiatan yang bertujuan untuk menggunakan permainan untuk mengembangkan keterampilan anak. Ini juga dikenal sebagai "berpusat pada anak."

Sering kali ruang kelas ini dipecah menjadi beberapa bagian yang berbeda seperti rumah atau dapur, area ilmu pengetahuan, meja air, ruang membaca, dan ruang dengan balok dan mainan.

Hal ini untuk mendorong siswa agar mendapatkan keterampilan melalui bermain.

Program yang berfokus pada akademis biasanya dipimpin oleh guru dan menyediakan lebih banyak struktur. Ini mirip dengan pengaturan taman kanak-kanak dan bertujuan mempersiapkan anak untuk langkah selanjutnya di sekolah.

3. Tentukan Filosofi Pendidikan yang Penting bagi Anda.

Ada berbagai filosofi tentang cara terbaik mengajar anak-anak dan mempersiapkan mereka untuk menjadi orang sukses, seperti:

Montessori

Adalah metode yang dikembangkan di Roma. Berfokus pada membiarkan anak-anak belajar dengan kecepatan mereka sendiri dan memungkinkan mereka untuk bekerja pada tingkat pendidikan apa pun yang berbeda.

Memiliki penekanan kurang pada guru mengarahkan anak-anak dan membiarkan anak-anak mengeksplorasi teka-teki dan mainannya sendiri, yang dihargai oleh keberhasilan menyelesaikan tugas dan bukan bala bantuan verbal dari orang dewasa.

Ini sangat bagus untuk orang tua yang ingin anak-anak mereka mengembangkan keterampilan kepemimpinan dan kemandirian.

Waldorf

Adalah metode yang menekankan pada membaca, belajar kreatif, bernyanyi, dan bertindak. Ada juga penekanan besar pada kerjasama di antara para siswa.

Satu hal yang unik tentang metode ini adalah pengecualian media seperti komputer, video, elektronik dan tidak fokus pada tugas-tugas akademik seperti tes, dan bahkan pekerjaan rumah. Metode ini sangat bagus untuk orang tua yang ingin anaknya mengembangkan individualisme.

Reggio Emilia

Adalah gaya yang mendorong siswa untuk mengeksplorasi dan terlibat dalam pembelajaran berbasis proyek. Pelajaran didasarkan pada minat siswa.

Alih-alih guru mengarahkan pertanyaan, mungkin meminta siswa untuk mengeksplorasi di luar dan untuk mengajukan pertanyaan dan mengejar pendidikan melalui pertemuan dan minat mereka sendiri.

Proyek-proyek tersebut kemudian dibingkai oleh siswa untuk mendorongnya.

4. Selidiki Staf dan Bagian Administrasi.

Ini penting karena mereka akan menjadi orang yang mengarahkan kurikulum, menanamkan nilai-nilai, dan mendisiplinkan anak Anda.

Temui mereka dan temukan metode dan pandangan mereka tentang hal-hal yang penting.

5. Tur Sekolah.

Bawalah anak Anda ketika Anda mengunjungi sekolah untuk menentukan apakah itu cocok untuk mereka. Periksa fasilitas, tanyakan tentang kualifikasi guru dan rasakan lingkungan seperti apa yang dimiliki sekolah.

Cari tahu juga apa jadwal harian dan tanyakan tentang keterlibatan para orang tua atau para wali murid.

Demikian 5 Tips Cara Menentukan Pendidikan PAUD dan TK Untuk Anak Baru, semoga tips ini bisa membantu Anda dalam menentukan pilihan yang terbaik buat masa depan buah hati Anda.

Next
This is the most recent post.
Previous
This is the last post.

Post a Comment Subscribe

Top